Sunday 25 January 2015

Attention Deficit / Hyperactivity Disorder (ADHD)

Gambaran ADHD

Attention Deficit / Hyperactivity Disorder atau yang biasa disingkat ADHD adalah suatu kelainan perkembangan pada anak yang ditunjukkan dengan sedikit atensi dan gerakan yang tidak terkontrol (impulsif). Anak yang memiliki sedikit atensi namun tidak disertai dengan hiperaktif disebut ADD (Attention Deficit Disorder). Baik anak ADD atau ADHD akan berpengaruh pada kemampuan belajarnya dan berpengaruh pada tingkah laku anak yang disebabkan karena kemampuan atau level kognitifnya. Biasanya anak laki-laki lebih sering mengalami kasus ini dari pada anak perempuan.

Penyebab ADHD

Sampai saat ini penyebab ADHD belum bisa diketahui secara pasti. Beberapa teori mengatakan pada terjadi kesalahan pada sisitem biomekaniknya, sensori motor. Terjadi kerusakan pada otaknya yang menyebabkan perbedaan pada tingkah laku seseorang. Hipotesis lain mengarah pada ketidaknormalan pada neurotransmiter di sistem dopaminergik dan noradrenergik. Sementara yang lain menduga karena terkontaminasi racun, sistem syaraf yang belum matang, infeksi, minum obat saat hamil, cidera kepala dan faktor lingkungan.

Bagi seorang okupasi terapis saat dihadapkan pada seorang pasien maka ia akan melakukan assesment pada area tertentu. Saya pikir hal ini sama dengan yang dilakukan oleh profesi kesehatan lain untuk jadi patokan awal untuk memberikan treatmen. Berikut area yang bisa dilihat oleh seorang OTs saat melihat pasiennya;
  1. kemampuan koordinasi dan motorik kasar
  2. kemampuan mototrik halus, manipulasi, koordinasi 2 tangan, dexterity
  3. keseimbangan dan kontrol postural
  4. kemampuan motor planning / praxis
  5. kemampuan regulatory dan sensori modulasi
  6. sensori diskriminasi dan persepsi
  7. tingkat arausal dan alertness
  8. kemampuan memori
  9. kemampuan awareness
  10. kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi
  11. kemampuan merawat diri
  12. kemampuan dan perkembangan dalam bermain
  13. kemampuan memanfaatkan waktu luangnya
  14. dan kemampuan mengatur waktu
 Tentunya ada beberapa masalah pada area tertentu seperti perawatan dirinya. Berikut akan saya jabarkan area mana saaja yang mengalami masalah

Area produktifitas (kalau pada anak bermain dan sekolah)
Anak biasanya susah untuk memperhatikan dan sering membuat kesalahan dalam mengerjakan tugasnya atau saat dia bermain, dan ia terlihat selalu terburu-buru. Kemampuan menulisnya kurang, terkadang dijumpai tulisannya tidak berada pada garis dalam buku, atau melenceng jauh dari yang sudah ditentukan, tidak bisa membedakan huruf besar dan kecil, ukuran saat menulis tidak proporsi dengan space nya atau tidak ada spasi saat membuat tulisan.

Area Leisure (Pemanfaatan waktu luang)
Individu atau anak sering mengalami kesulitan saat melakukan aktifitas yang sifatnya pelan.

Area Sensorimotor
  • Individu sering menggerakkan kaki dan tangannya saat duduk
  • Anak sering meninggalkan kelas pada saat proses belajar mengajar
  • Anak sering berlarian atau memanjat pada situasi yang tidak tepat
  • Individu sering banyak bicara yang tak berarti
  • Kemampuan perseptual motornya rendah
  • Motorik halusnya rendah

Oke, saya kira itu dulu pembahan dari saya tentang ADHD, akan saya tuliskan kembali tentang ADHD pada sesi berikutnya.

Selamat belajar, dan salam sukses dari saya.

No comments:

Post a Comment